Rahasia memasak cumi agar tidak alot

Rahasia memasak cumi agar tidak alot

Brilio.net - Cumi merupakan salah satu makanan laut favorit banyak orang. Berbagai macam hidangan baik goreng, bakar, maupun dibuat hidangan kuah cumi bisa diolah. Namun dalam mengolah cumi tidak boleh sembarangan karena teksturnya yang kenyang kalau masaknya terlalu lama akan membuat cumi menjadi alot.

Chef William Ghozali pun memiki tips memasak cuma agar tidak alot. "Biasanya kalau saya direndam di dalam susu plain tujuannya bikin lebih empuk dan menghilangkan bau amisnya," katanya saat ditemui media di Jakarta, Jumat (15/12).

Namun bila menggunakan susu biayanya lebih mahal. Cara lain yakni dengan menggunakan susu setengah dengan dicampur susu dan perasaan jeruk limau. "Campuran air dan susunya satu banding satu. Penggunaan jeruk liamunya bisa disesuaikan, kalau gak mau asam jangan terlalu banyak. Rendam chma setengah jam sudah cukup," jelasnya.

Sementara itu, untuk memasak cumi jangan terlalu lama. "Intinya (masak) jangan terlalu kelamaan. Kalau ke rumah makan Padang pasti semua cuminya alot. Karena proses memasknya membuat juice dari cumi ini keluar," tutupnya.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya