Resep banana oat brownies, camilan sehat tanpa gula dan tepung

Resep banana oat brownies, camilan sehat tanpa gula dan tepung
foto: Instagram/@leenaa.hamiid

Brilio.net - Buat penggemar makanan manis, brownies tentu jadi salah satu yang difavoritkan bukan? Nggak melulu pakai tepung terigu, kamu bisa membuat brownies pakai oat yang sudah dihaluskan. Kamu juga bisa menggunakan pisang matang untuk mengganti gula pasir.

Meski nggak pakai gula, tapi rasanya tetap manis. Banana oat brownies ini cocok banget jadi camilan sehat buat yang diet. Cara membuatnya juga gampang, nggak perlu pakai mixer, cukup aduk-aduk pakai whisk. Berikut resep lengkapnya, dilansir BrilioFood dari akun Instagram @leenaa.hamiid.

Resep banana oat brownies, camilan sehat tanpa gula dan tepung

foto: Instagram/@leenaa.hamiid

Bahan:
- 10 buah pisang Ambon matang
- 120 gr oat yang sudah dihaluskan dengan chooper
- 3 butir telur
- 20 gr cokelat bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt baking powder
- 120 gr dark compound chocolate (DCC)
- 50 gr unsalted butter
- 1 sdm gula aren serut
- Vanili bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. lumatkan pisang menggunakan masher (penumbuk) atau garpu, sisihkan.
2. Haluskan oat dengan chopper, sisihkan.
3. Cairkan dark chocolate dan unsalted butter dengan memanaskan di wajan kecil berisi air yang telah dididihkan dengan api kecil sambil diaduk perlahan-lahan, sisihkan.
4. Campur tepung oat, baking powder, soda kue, garam dan aduk rata dengan whisk, Lalu tambahkan pisang yang sudah dihaluskan, DCC, telur, cokelat bubuk, vanili, gula aren dan aduk rata menggunakan whisk.
5. Pakai loyang ukuran 20x20x4 yang sudah bersekat, oleskan loyang dengan unsalted butter secara merata pun disekatnya juga. Taburi sedikit tepung agar adonan nanti tidak lengket. Tuang adonan brownies dan ratakan, kemudian masukkan sekatnya, beri topping sesuai selera.
6. Panaskan oven selama 10 menit, lalu panggang brownies selama 45 menit. Lakukan tes tusuk, jika lidi kembali bersih maka brownies telah matang.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA