Suka dada ayam? Ini waktu terbaik memasaknya matang sempurna

Suka dada ayam? Ini waktu terbaik memasaknya matang sempurna
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Dada menjadi bagian tubuh ayam yang digemari banyak orang. Sobat Brilio suka juga, kan? Bagian tubuh ayam ini memiliki daging banyak dan menjadi sumber protein tinggi tanpa lemak dibandingkan paha, yang sama-sama difavoritkanbanyak orang.

Namun sekalinya keliru metode pengolahan dada ayam, rasanya tak akan seperti yang kamu bayangkan.

Dada ayam bisa kehilangan kesegaran atau sarinya ketika terlalu matang atau lama dimasak. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memasak dada ayam bisa bervariasi berdasarkan ketebalan dan metode memasaknya.

Cara yang paling akurat menentukan berapa lama dada ayam perlu dimasak adalah dengan menggunakan termometer daging dan memasaknya dengan suhu yang tepat.

Jika kamu memasak dada ayam hingga 160 derajat Fahrenheit, kemudian membiarkannya selama lima menit sebelum disajikan, ini telah mendekati rekomendasi Food and Drug Administration atau FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) sebesar 165 derajat Fahrenheit tanpa terlalu matang (overcooking).

Namun jika Sobat Brilio tak memiliki termometer daging, berikut panduan memasak dada ayam seperti dilansir Brilio.net dari Thedailymeal, Kamis (28/3).

1. Memanggang.

Memasak dada ayam dengan cara memanggang butuh waktu sekitar 6-8 menit per sisinya, dengan cara mengarahkan sisi dada ayam langsung ke sumber panas. Lalu 10-12 menit per sisinya dengan tidak mengarahkannya secara langsung ke sumber panas.

2. Mengoven.

Mematangkan dada ayam dengan oven butuh sekitar 20-30 menit, atau pasang suhu 375 derajat Fahrenheit.

3. Memasak pakai kompor.

Dada ayam yang dimasak dengan kompor butuh waktu sekitar 2 menit per sisi saat menumisnya. Buat api kompor lebih besar. Selanjutnya 4-6 menit per sisi saat menumisnya, dengan api sedang atau rendah.

4. Menggoreng.

Pastikan menggoreng dada ayam sekitar 8-12 menit dalam minyak bersuhu 350-365 derajat Fahrenheit untuk mendapatkan dada ayam yang lezat disantap.

Jadi, sudah siap memasak dada ayam yang kematangan dan rasanya sempurna, Sobat Brilio?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya