Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini

Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini
instagram @visitwakatobi

Brilio.net - Wakatobi yang dijuluki Caribbean van Celebes bukan hanya menyimpan pesona alam yang memukau, tapi juga kekayaan kuliner yang nggak kalah dengan daerah lain. Karena itu nggak lengkap rasanya ketika mengeksplorasi destinasi cantiik di timur Indonesia ini tanpa memanjalan lidah dengan beragam citarasa kulinernya.

Sedikit panduan untuk kamu yang tengah berburu makanan enak di Wakatobi. Selain parende dan kasuami, kuliner lain khas setempat yang patut dicoba adalah perangi (sashimi lokal), luluta (nasi bambu khas Wakatobi), sanggara banda (jajanan manis dari singkong, di dalamnya terdapat pisang), kosean no kaudafa (sayur unik khas Wakatobi), serta kapusu nofu (makanan berbahan dasar jagung).

Nah, di Wakatobi ada banyak rekomendasi tempat makan atau kulineran yang menawarkan beragam menu santapan yang lezat. Berikut empat resto yang wajib kamu sambangi ketika berkunjung ke Wakatobi dengan enu khasnya.

1. Rumah Makan Musliha

Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini Madalah Parende (pesona.travel/josua marunduh)

Destinasi kuliner pertama yang wajib disambangi saat liburan di Wakatobi adalah Rumah Makan Musliha. Bertempat tidak jauh dari Pasar Mola, Kaledupa, menu andalan rumah makan ini madalah parende, olahan ikan khas Wakatobi yang dimasak dengan kuah asam dan cabai, dan dihidangkan dengan kasuami (parutan singkong yang diperas airnya sampai habis). Harga seporsi parende sekitar Rp35.000. Selain dimakan di tempat, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh, lho.

2. Restoran Wasabi NUA

Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini instagram @uny_thamrin/wasabinua

Ingin menikmati sensasi berkuliner di tengah laut? Mampirlah ke Restoran Wasabi NUA. Letaknya di sebuah gugusan karang dan dikelilingi birunya laut dan pulau-pulau cantik, menjadikannya sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Wakatobi. Restoran sekaligus hotel yang berada di Jalan Poros Sombu ini memiliki menu andalan ikan bakar colo-colo. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi masakan khas Wasabi Nua lain yang tak kalah lezat, seperti parende, kasuami, dan sashimi tuna.

3. Warung Dua Putra

Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini Localguide Google/Lelie Liana

Di Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, ada satu tempat makan yang cukup terkenal akan kelezatan dan pilihan seafood-nya yang beragam yakni Warung Dua Putra yang terletak di Jalan Jend Sudirman No. 39, Pongo. Tempatnya memang tak begitu besar, tapi kamu dijamin akan ketagihan dengan menu yang ditawarkan warung ini. Aneka masakan laut seperti ikan bakar, cumi masak kecap, udang goreng, dan lain-lain diolah dengan cita rasa masakan rumah yang lezat. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, lho, yakni mulai Rp20 ribu.

4. Warkop Sombu Dive

Liburan ke Wakatobi, jangan lupa icip kuliner lezat di 4 tempat ini placesmap.net

Buat kamu yang sedang mencari referensi tempat makan sekaligus nongkrong di Wakatobi, Warkop Sombu Dive mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain menyajikan aneka seafood lezat, di sini kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan diving menikmati keindahan alam bawah laut. Warkop Sombu Dive sendiri berada di Jalan Poros Sombu, Sombu Dive Plaza, atau sekitar 20 menit dari pusat kota. Letaknya yang dekat dengan permukiman warga membuat tempat ini mudah ditemukan. Jika berniat berkunjung kemari, datanglah pada pagi hari atau menjelang senja untuk melihat keindahan sunrise atau sunset.

Nah, sekarang kamu sudah mengantongi daftar destinasi wisata dan kuliner di Wakatobi. Agar persiapan liburan makin matang, segera reservasi tiket pesawat Batik Air di Airy.Selain menawarkan banyak tiket promo murah beragam maskapai, Airy menjamin setiap transaksi aman dan bebas penipuan. Ada juga fitur refund dan reschedule yang akan makin mempermudah perjalanan wisata kamu.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya