Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba
The House of Raminten, salah saru restoran unik di Jogja yang sering menjadi destinasi wisata kuliner (Foto-foto : instagarm @houseoframinten)

Brilio.net - Yogyakarta (Jogja) memang selalu menawarkan kenyamanan, keindahan, dan keunikan. Nggak heran Kota Pelajar ini selalu menjadi magnet bagi wisatawan dan selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Selain keindahan alam dan beragam seni budaya, kota ini juga menjadi surga bagi para penggila kuliner. Hampir di setiap sudut kota, banyak terdapat restoran yang menawarkan menu menarik, unik yang tentunya bisa menggugah selera.

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Beragam menu yang bisa menggugah selera

Bukan cuma itu, nggak sedikit restoran yang ditata apik dari sisi desain untuk menarik pengunjung. Bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung sambil menyantap menu yang disajikan.

Dari sekian banyak restoran yang ada di Jogja, ada nih satu tempat kuliner yang sayang banget jika dilewatkan. Malah, jika Sobat Brilio ke Jogja wajib mengunjungi restoran ini, The House of Raminten.

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Staf restoran yang siap melayani pengunjung

Selain menunya yang bikin penasaran, restoran yang terletak di Jalan Faridan M Noto No7, Kota Baru ini sangat mudah dijangkau. Hanya butuh waktu 10 menit berkendara dari Titik Nol Jogja.

Lantas, apa sih keunikan Raminten dibanding restoran lain? Salah satunya, menu yang disajikan sangat berbeda dengan makanan-makanan di restoran lain. Mulai dari nama, bentuk, hingga rasanya yang khas, semua hal itu dapat memancing rasa penasaran pengunjung.

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Ayam koteka, salah satu menu unik yang sering dipesan

Salah satunya menu Ayam Koteka, lauk berbahan dasar ayam yang dibungkus dalam batang bambu. Ada pula Gajah Ndekem, minuman dengan apel utuh yang siap disantap bagian dalamnya.

Selain itu harganya juga terjangkau. Para pengunjung biasanya tertarik mencoba berbagai menu karena namanya yang unik atau bentuknya yang menarik. Namun, jangan kaget jika Sobat Brilio kesulitan menghabiskannya karena porsi yang disajikan cukup besar.

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Minuman segar yang siap melenyapkan dahaga

Keunikan lain, suasana di dalam Raminten juga tidak biasa. Saat melangkahkan kaki ke dalam, terdengar musik gending Jawa yang megah sekaligus menenangkan. Ditambah aroma dupa yang terasa di indera penciuman. Kehadiran tiga hingga empat wanita yang sedang membatik di salah satu sudut restoran menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan ini sangat unik dan jarang bisa dilihat di restoran lain.

Restoran juga dibangun dengan desain yang khas, didominasi elemen kayu. Memang sih area restoran tidak terlalu luas, tetapi terdiri atas 2 lantai untuk mengantisipasi pengunjung yang sangat ramai, terutama pada sore hingga malam hari.

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Restoran ini selalu ramai dikunjungi penggila kuliner

Di dinding restoran, ada poster dengan kalimat-kalimat yang menggelitik. Gunanya untuk memberitahukan kepada para tamu mengenai kebiasaan yang berlaku di restoran tersebut. Sesaat setelah duduk, para pramusaji dengan kostum ala gadis dan pemuda Jawa juga langsung mencatat pesanan pengunjung.

Tips ke Raminten

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Tuh pengunjung rela antre di ruang tunggu untuk mendapatkan giliran menikmati sajian menu yang nikmat

Oh iya, saat hari libur atau akhir pekan, restoran ini biasanya sangat ramai. Malah kamu harus mengisi daftar tunggu dulu lho. Setelah itu kamu mesti menunggu di bagian luar karena restoran selalu penuh. Karena itu ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat memilih Raminten sebagai tempat bersantap.

1. Pilih waktu yang tepat

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Agar nyaman pilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Raminten

Jangan datang saat kamu sedang lapar. Maklum, Raminten adalah restoran yang sangat padat, terutama pada jam makan siang atau makan malam. Jadi jangan heran jika pesanan kamu kemungkinan besar akan sangat lama diantarkan.

2. Tanya dulu deh porsinya biar nggak mubazir

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Urusan porsi juga bisa dinikmati bersama teman atau orang tersayang

Pilihlah menu yang ingin dipesan dengan bijak. Kamu bisa berbagi dengan teman jika benar-benar ingin menikmati lebih dari dua menu yang menggoda. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu porsinya kepada pramusaji.

3. Akhir pekan ada pertunjukan kabaret

Raminten, restoran bernuansa nyentrik di Jogja yang wajib dicoba Pertunjukan kabaret yang siap menghibur (Brilio.net/yani andryansjah)

Raminten juga ada di kawasan Malioboro, tepatnya di gedung Mirota Batik lantai atas. Jadi, jika sedang berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata ini, kamu bisa mampir sejenak. Suasana restoran tidak jauh berbeda. Malah di akhir pekan biasanya ada pertunjukan kabaret lho. Seru banget kan, bersantap sambil dihibur penampilan para seniman kabaret. Cabang lainnya bisa dijumpai di Jalan Kaliurang, yaitu The Waroeng of Raminten.

Nah, demikian beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang Raminten. Untuk mendapatkan pengalaman unik bersantap di restoran ini, segera pesan tiket pesawat ke Jogja dengan promo terbaik dari Airy. Memesan tiket secara online akan memudahkan kamu merancang perjalanan yang mengesankan.

Jangan sampai lupa juga untuk mencari tiket promo Wings Air, Batik Air, Lion Air, dan lain-lain agar perjalanan kamu makin hemat.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya