5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho

Brilio.net - Beberapa jenis makanan tercatatke dalam daftar termahal di dunia. Makanan-makanan ini biasanya memiliki nilai harga yang tinggi karena bahan baku yang digunakantergolong langka, sulit didapat, unik atau berkualitas tinggi.

Meski memiliki harga selangit, hal ini tidak mengurungkan niat para pecinta kuliner untuk mencicipi makanan eksklusif tersebut. Selain sebagai pengalaman sekali seumur hidup, para penikmat kuliner ini tidak ragu merogoh kocek yang dalam demi menikmati cita rasa khas dan sempurna.

Di antara deretan makanan termahal tersebut, siapa sangka terdapat makanan yang berasal dari Asia Tenggara. Bahkan dua makanan berasal dari negara Indonesia lho.

Nah biar nggak penasaran, yuk langsung intip 5 makanan termahal di Asia Tenggara yang brilio.net lansir dari qraved.com, Kamis (5/4).

1. Jamur morel Kahsmir, Myanmar.

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho foto: freep.com

Jamur morel sebenarnya lebih banyak ditemukan di daerah Asia Tengah. Namun ternyata jamur yang dengan tekstur seperti spons ini juga ditemukan di daerah Myanmar yang berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya. Jamur ini sama sekali tidak berbau serta memiliki kualitas rasa yang begitu lezat. Harga jamur morel kahsmir di pasaran saat ini bisa mencapai Rp 8 juta per kilogramnya.

2. Ayam cemani, Indonesia.

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho foto: vitorlazas.hu

Mungkin kamu pernah mendengar nama ayam yang satu ini. Jika belum, jenis ayam yang hanya diternakkan di Indonesia ini merupakan ayam berwarna hitam di sekujur tubuhnya, bahkan hingga ke bagian bola matanya. Umumnya daging ayam cemani diolah untuk melengkapi sajian ritual sebagian budaya Jawa. Banyak yang menyebut cita rasa ayam jenis ini sangat gurih. Ayam cemani rata-rata memiliki harga jual sekitar Rp 2 juta per ekornya.

3. Sarang burung walet, Thailand.

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho foto: steamykitchen.com

Sebenarnya, sarang burung walet juga dapat ditemukan dan dibudidayakan di beberapa wilayah di Asia Tenggara. Namun hanya di kawasan Chiangmai bagian utara Thailand yang memiliki kualitas sarang burung walet terbaik hingga saat ini. Pasalnya, sarang ini hampir seluruh bagiannya terbuat dari air liur burung walet dan memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kalsium, mineral serta zat besi. Kualitasnya yang mumpuni membuatnya dijual dengan kisaran harga mencapai Rp 30 juta per kilogram. Umumnya bahan pangan ini disajikan sebagai penyedao sup di banyak restoran masakan China.

4. Kopi luwak, Indonesia.

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho foto: telegraph.co.uk

Kamu pasti sudah tahu dong dengan jenis biji kopi yang satu ini? Kopi yang berasal dari kotoran hewan luwak ini terkenal karena mempunyai tingkat keasaman yang pas. Sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang lebih menonjol dan aroma kopi yang lebih kuat. Kopi ini banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Kopi unik ini dihargai sekitar Rp 5 juta per onsnya.

5. Laksa chinoz, Malaysia.

5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho foto: hungrygowhere.com

Salah satu makanan khas negeri jiran ini biasa dijual dengan harga murah dan mudah ditemukan di berbagai tempat di Malaysia. Akan tetapi berbeda dengan Laksa Chinoz, dimana satu porsinya dibanderol seharga Rp 530 ribu. Salah satu menu andalan di restoran Chinoz on the Park ini menjadi begitu istimewa karena bahan-bahannya yang terdiri dari irisan cabai merah, timun, sejumput taburan daun mint, mi buatan tangan dan satu ekor lobster yang diimpor dari negara bagian Maine di Amerika Serikat.

(brl/guf)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya